Jumat, 26 April 2013

Cara Pembuatan Kerajinan Dari Koran Bekas

Kerajinan tangan dari barang bekas koran ini terbilang agak sulit. Ini karena dalam pembuatannya, kerajinan tangan dari kertas bekas memerlukan beberapa tahapan proses yang cukup sulit. Namun sebenarnya prosesnya sederhana, hanya saja untuk memperoleh hasil yang bagus dan kuat memang akan diperlukan alat bantu yang khusus.

Berikut ini kita akan bahas sedikit mengenai salah satu tehnik atau cara pembuatan kerajinan dari kertas :
  1. Bahan dasar yang harus disiapkan adalah koran bekas. Koran bekas biasanya bisa kita beli dengan harga yang cukup murah, yaitu sekitar Rp 1.000,- sampai Rp 1.500,- per kilonya atau sekitar 3-4 eksemplar.
  2. Kemudian lembaran-lembaran Koran tersebut dipilin atau dilinting semua.
  3. Setelah semua lembaran dilinting, lalu lintingan-lintingan Koran itu akan ditenun. Nah proses penenunan ini biasanya menggunakan alat khusus agar hasilnya rapi.
  4. Setelah ditenun, barulah koran bekas tersebut bisa dipotong atau dicetak sesuai dengan jenis kerajinan yang akan dibuat.
aneka sendal koran


Untuk membuat kerajinan kertas Koran ini kuat dan tahan air, biasanya para perajin akan menambahkan bahan khusus yang bisa memperkuat bahan Koran, dan membuatnya anti air. Selain itu, dari segi estetik, maka untuk mempercantik biasanya juga digunakan bahan lain. Misanya untuk membuat tas atau sandal bisa digunakan bahan tambahan berupa tali dari tanaman eceng gondok yang telah diolah. Ini akan membuatnya menjadi lebih unik dan lebih memiliki nilai ekonomis.

10 komentar:

  1. slmat mlam
    sbelumnya saya minta maaf, mngkin prtanyaan sya ini udh mnjdi kerahasiaan agan, dn sya mau nanya, apa bahan untuk membuat kertas koran tersebut menjadi tahan air?

    trima ksih..

    BalasHapus
  2. Saya sngat trinspirasi karya dri koran bekas ini..bhkan sya sdh ada hasil krya tpi bgeimna cra mmasarkan karya sya ini?? Mohon petunujuknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari bermitra dgn kami, semoga kami bisa membantu.. Tolong kirimkan email photo-photo karyanya ke dluwangart@yahoo.com, kalau mau sharing ttg usaha bisa juga hubungi Novi sms/whatsapp 0818267155 atau pin BB di 231DADE4. Makasih.

      Hapus
  3. kira-kira untuk 1 produknya membutuhkan waktu pengerjaan berapa lama ea...??
    cara memanjangkan rambut dengan cepat

    BalasHapus
  4. agak bingung kak cara membuatnya...

    BalasHapus
  5. wah di rumah saya kemaren ada yang dijadikan cinderamata pernikahan dih sandal :D

    BalasHapus
  6. Nice blog,, i'm very enjoyed to visit this site. have a nice day :D

    BalasHapus
  7. Tolong dong gan kasih tau resep biar sendalnya than air..??? Soalnya buat uji coba praktik skolahan ni...

    BalasHapus
  8. Tolong dong gan kasih tau resep biar sendalnya than air..??? Soalnya buat uji coba praktik skolahan ni...

    BalasHapus